Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Negeri Bengkayang

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Bengkayang

Jalan Guna Baru Trans Rangkang Kabupaten Bengkayang Telp. (0562) 4442052 - Fax. (0562) 4442053

Email : pnbengkayang2008@gmail.com Delegasi : perdata.pnbengkayang@gmail.com

Sistem Informasi Pengawasan MA-RISistem Informasi Penelusuran Perkara


Logo Artikel

KEPANITERAAN PERDATA

Kepaniteraan Perdata

Kepaniteraan Perdata melaksanakan kegiatan dan tugas-tugas yang meliputi :

Pembuatan Rencana Kerja / Program Kerja.

  • Tujuan : Membantu Pimpinan dalam rangka menyusun program kerja Pengadilan Negeri.
  • Sasaran : Tersedianya bahan guna penyusunan program kerja untuk Kepaniteraan Perdata.

Mencatat setiap surat masuk dan surat keluar khusus Kepaniteraan Perdata.

  • Tujuan : Menata surat masuk dan surat keluar di Kepaniteraan Perdata.
  • Sasaran : Memudahkan pencarian surat yang masuk dan yang keluar jika diperlukan.

Membuat Surat Pengantar pengiriman berkas perkara.

  • Tujuan : Untuk pengiriman berkas perkara baik perkara Banding maupun Kasasi.
  • Sasaran : Terpenuhinya proses pengiriman berkas perkara dalam rangka menunjang proses peradilan yang cepat.

Mengelola Perkara Perdata yang masuk.

  1. Menerima perkara perdata gugatan dan permohonan.
  2. Menerima permohonan perlawanan yang merupakan verset terhadap putusan verstek tetapi tidak didaftarkan sebagai perkara gugatan baru.
  3. Menyerahkan kembali Surat Gugatan setelah dilengkapi dengan SKUM kepada yang bersangkutan agar membayar biaya perkara pada kas Pengadilan Negeri.
  4. Mendaftarkan perkara perdata yang masuk kedalam Buku Register setelah panjar perkara dibayar kepada kas.
  5. Menyerahkan berkas kepada Ketua Pengadilan Negeri paling lama 3(tiga) hari setelah diterima.
  6. Mengisi Buku Register Gugatan / permohonan pada saat perkara masuk secara lengkap.
  7. Menutup Buku Register setiap akhir bulan, paling lambat tanggal 5 setiap bulannya.
  8. Menyerahkan perkara kepada Majelis Hakim setelah ditunjuk oleh Ketua Pengadilan dengan dilengkapi penetapan hari sidang.
  9. Menetapkan pembagian tugas pemanggilan / pemberitahuan kepada Jurusita / Jurusita Penganti.
  10. Tujuan : Mempersiapkan berkas perkara perdata dengan tepat waktu sehingga dapat segera di sidangkan oleh Majelis Hakim yang bersangkutan.
  11. Sasaran : Terwujudnya proses peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan

.

Mengelola Perkara Banding.

  1. Menerima panjar Banding dan dicatat dalam SKUM untuk disetorkan ke kas Pengadilan negeri.
  2. Menerima Memori Banding dan Kontra Memori Banding dari para pihak.
  3. Menetapkan pembagian tugas penyerahan memori banding kepada Jurusita / Jurusita Penganti kepada para pihak.
  4. Mengisi buku Register Banding secara lengkap.
  5. Penerimaan Akta-akta.
  • Tujuan : Mempersiapkan Berkas perkara Banding dengan tepat waktu sehingga dapat segera dikirim ke Pengadilan Tinggi untuk diperiksa dan diputus oleh Pengadilan Tinggi.
  • Sasaran : Terwujudnya proses peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan.

Mengelola Perkara Kasasi.

  1. Menerima permohonan kasasi dari pemohon.
  2. Menerima Panjar kasasi yang dicatat dalam SKUM untuk disetorkan ke kas pengadilan Negeri.
  3. Menerima Memori Kasasi dengan dibuatkan tanda terima Memori Kasasi.
  4. Menerima Kontra Memori Kasasi.
  5. Menetapkan pembagian tugas Jurusita / Jurusita Penganti untuk menyerahkan Memori Kasasi dan Kontra Memori Kasasi kepada para pihak.
  6. Mengisi Buku Register Kasasi.

 

  • Tujuan : mempersiapkan Berkas Perkara Kasasi dengan tepat waktu sehingga dapat segera dikirim ke Mahkamah Agung untuk diperiksa dan diputus oleh Mahkamah Agung.
  • Sasaran : Terwujudnya proses peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan.

 

Mengelola Perkara Peninjauan Kembali (PK).

  1. Menerima permohonan peninjauan kembali dari pemohon disertai alasan-alasannya.
  2. Mencatat permohonan peninjauan kembali ke dalam Register secara lengkap.
  • Tujuan : Mempersiapkan berkas perkara kasasi dengan tepat waktu sehingga dapat segera dikirim ke Mahkamah Agung untuk diperiksa dan diputus oleh Mahkamah Agung.
  • Sasaran : Terwujudnya proses peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan.

 

Mengelola Permohonan Eksekusi, Penyitaan dan Somasi.

  1. Menerima dan menegelolah permohonan eksekusi, penyitaan dan somasi.
  2. Mencatat kedalam Buku Register Eksekusi Penyitaan dan Somasi secara lengkap.
    • Tujuan : Menyiapkan berkas perkara yang bersangkutan dan menyerahkan kepada pimpinan untuk ditindak lanjuti.
    • Sasaran : Terwujudnya proses penyelesaian perkara dengan cepat, sederhana dan biaya ringan.

 

Pembuatan Agenda Persidangan.

Dalam setiap kegiatan persidangan perlu dibuat agenda persidangan, untuk mencatat pengunduran persidangan. Panitera Pengganti setelah selesai sidang melapor ke Bagian Kepaniteraan Perdata untuk dicatat pada hari itu juga pada papan persidangan dan dalam Buku Register Induk Perkara.

  • Tujuan : Tersedianya data sehubungan dengan perkara yang sedang berjalan.
  • Sasaran : Tersedianya data bagi publik yang akan mengikuti jalannya persidangan perkara yang bersangkutan.

 

Mengelola Keuangan Perkara.

  1. Menerima dan membukukan uang panjar perkara sebagaimana tercantum dalam SKUM pada Buku Jurnal Perkara mencatat jenis-jenisnya yaitu :
    1. K1 - A1 / G : Perkara Gugatan.
    2. K1 - A1 / P : Perkara Permohonan.
    3. K1 - A2 : Permohonan Banding.
    4. K1 - A3 : Permohonan Kasasi.
    5. K1 - A4 : Permohonan Peninjauan Kembali.
    6. K1 - A5 : Permohonan Eksekusi.
    7. K1 - A6 : Permohonan Somasi.
  2. Pencatatan panjar perkara dalam Buku Jurnal Khusus Perkara Tingkat Pertama, diteliti sesuai dengan nomor perkara.
  3. Nomor perkara tersebut oleh Pemegang Kas diterima dalam lembar pertama Surat Gugatan / Permohonan.
  4. Mengeluarkan dari panjar biaya perkara tersebut untuk hak-hak Kepaniteraan (pencatatan banding, kasasi) redaksi putusan, penyelenggaraan peradilan.
  5. Membuat SKUM dan merinci panjar yang akan dimasukkan SKUM baik perkara permohonan, gugatan, banding, kasasi dan peninjauan kembali.
  6. Mengelola keuangan perkara, menerima biaya perkara, mencatat dalam Buku Jurnal dan mengisi Buku Bantu Keuangan.
    • Tujuan : Tersedianya biaya perkara yang cukup untuk perjalanan perkara sampai ada putusan yang mempunyai kekuatan hukum tetap dan penyediaan data-data sehubungan dengan penggunaan biaya perkara yang bersangkutan.
    • Sasaran : Terciptanya proses peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan.

 

Membuat Laporan Bulanan Keadaan Perkara.

Membuat Laporan Bulanan keadaan perkara dan diserahkan kepada kepaniteraan hukum paling lambat awal bulan.

  • Tujuan : Menyusun data-data perkara perdata yang sedang berjalan untuk diserahkan kepada Kepaniteraan Hukum.
  • Sasaran : Tersedianya data-data perkara perdata yang sedang berjalan sebagai bahan pembuatan laporan perkara oleh kepaniteraan hukum.

 

----

 

Kepaniteraan Perdata dipimpin oleh seorang Panitera Muda Perdata, yang didalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh beberapa orang staf.

Panitera Muda Perdata mempunyai tugas dan tanggung jawab :

  1. Membimbing para staf dalam menjalankan tugas masing-masing.
  2. Menetapkan rencana biaya perkara yang dituangkan dalam SKUM.
  3. Mengatur urutan dan giliran tugas Jurusita / Jurusita Pengganti.
  4. Melaksanakan tugas meja I :
    1. Menerima Gugatan, Permohonan Banding, Permohonan Kasasi, Permohonan Peninjauan Kembali, Permohonan Eksekusi dan Permohonan Somasi.
    2. Membuat SKUM dan menyerahkan SKUM tersebut kepada calon Penggugat / Pemohon.
    3. Menyerahkan kembali Surat Gugatan kepada calon Penggugat / Pemohon.

Staf Kepaniteraan Perdata mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan tugas Kasir :
    1. Mencatat setiap penerimaan dan pengeluaran uang perkara baik dalam Buku Jurnal maupun Buku Bantu.
    2. Melaporkan setiap penerimaan dan pengeluaran dan penerimaan setiap hari kepada Panitera untuk mencatat dalam Buku Induk Keuangan yang bersangkutan.
    3. Menerima dan membukukan uang panjar biaya perkara sesuai dalam SKUM dan buku jurnal keuangan perkara yang bersangkutan.
  2. Melaksanakan tugas Meja III :
    1. Menyiapkan dan menyerahkan salinan putusan PN / PT / MA kepada yang bersangkutan.
    2. Menyerahkan salinan penetapan PN kepada yang bersangkutan.
    3. Menerima dan memberikan tanda terima atas memori banding, Kontra Memori Banding, Memori Kasasi, Kontra Memori Kasasi, Jawaban / Tanggapan atas alasan peninjauan kembali.
    4. Menyusun, menjahit, mempersiapkan berkas banding, kasasi dan PK.
    5. Mengirimkan berkas perkara tersebut.
  3. Mendaftarkan perkara yang masuk kedalam Register Induk perkara perdata sesuai dengan nomor yang tercantum dalam SKUM / Surat Gugatan / Permohonan.
  4. Surat Gugatan / Permohonan dengan melampirkan tindasan SKUM dan surat-surat yang berhubungan dengan gugatan di sampaikan kepada Ketua Pengadilan Negeri melalui Panitera dan kemudian diserahkan kepada Majelis Hakim.
  5. Meregister Permohonan.
Dengan motto "TANGGUH" Tanggung Jawab, Adil, Ngayomi, Gigih, Unggul, Harmonis Pengadilan Negeri Bengkayang selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan kepuasan para pencari keadilan dalam rangka mewujudkan badan peradilan yang agung.

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

  • KETUA PENGADILAN PAJAK MENGUCAPKAN SUMPAH DIHADAPAN KETUA MA
    Minggu, 09 Mei 2021 08:10 WIB.
    Jakarta - Humas : Ali Hakim, SH.,SE.,AK.,M.Si.,CA mengucapkan sumpah jabatan sebagai Ketua Pengadilan Pajak dihadapan Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, SH., MH. Acara Pengucapan sumpah tersebut dilaksanakan pada hari Jumat,07 Mei 2021 di ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja, Gedung Mahkamah Agung lantai 14. Acara dimulai dengan Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan Pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 70/P Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Ketua Pengadilan Pajak oleh Panitera Sekretaris Pengadilan Pajak. Sebelum memangku jabatan dengan disaksikan Ketua Mahkamah Agung, Ketua Pengadilan Pajak bersumpah atau berjanji menurut agamanya atau kepercayaannya berdasarkan Undang-Undang nomor 14 tahun 2002 Pasal 10 ayat (1) dan ayat (2). Acara berlangsung secara Khidmat dihadiri Para Pimpinan Mahkamah Agung, Para Pejabat eselon I di Lingkungan MA dan Wakil Ketua Pengadilan Pajak dengan menerapkan Protokol Kesehatan. (Humas)
    | Selengkapnya |
  • KETUA MAHKAMAH AGUNG MELANTIK KETUA MUDA PENGAWASAN
    Jumat, 07 Mei 2021 08:51 WIB.
    Jakarta - Humas : Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. M Syarifuddin,SH., MH melantik Ketua Muda Pengawasan Mahkamah Agung RI Dr. H. Zahrul Rabain, S.H., M.H melalui Sidang Paripurna Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan. Sidang dilaksanakan pada hari Jumat, 7 Mei 2021 pukul 10.00. WIB di ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja, Gedung Mahkamah Agung lantai 14. Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 61/P Tahun 2021 tanggal 6 April 2021 tentang Pengangkatan Ketua Muda Pengawasan Mahkamah Agung. Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai Ketua Muda Pengawasan Mahkamah Agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Rebuplik Indonesia tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa Ucap Doktor lulusan Universitas Padjajaran Bandung tersebut. Dr. H. Zahrul Rabain, S.H., M.H. merupakan Hakim Agung sejak 1 November 2013. Beliau menggantikan Dr. H. Andi Samsan Nganro, SH., MH, yang telah terpilih menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial pada 20 Januari 2021 lalu. Sidang Paripurna ditutup dengan pemberian ucapan selamat dari Ketua Mahkamah Agung beserta Ibu Budi Utami Syarifuddin dilanjutkan para pimpinan Mahkamah Agung masing-masing beserta isteri, Hakim Agung, Hakim AdHoc, Panitera MA, Sekretaris MA serta Pejabat Eselon I dilingkungan MA dengan menerapkan Protokol Kesehatan. (Humas)
    | Selengkapnya |
  • KMA HADIRI MUSREMBANGNAS 2021 SECARA VIRTUAL
    Selasa, 04 Mei 2021 07:22 WIB.
    Jakarta " Humas : Ketua Mahkmah Agung Prof. Dr. M. Syarifuddin, SH., MH menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembanngunan Nasional (Musrembangnas) 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022 secara virtual, pada hari Selasa, 4/5/2021 bertempat diruang kerja Ketua Mahkamah Agung. Acara Musrembangnas dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas, dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dengan mengambil tema Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural. (Humas)
    | Selengkapnya |
  • KETUA MAHKAMAH AGUNG MEMBUKA SOSIALISASI KESEHATAN SECARA VIRTUAL
    Senin, 03 Mei 2021 14:55 WIB.
    Jakarta - Humas : Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. M. Syarifuddin,SH.,MH membuka Sosialisasi Kesehatan secara virtual pada Senin, 03 Mei 2021 di Command Center Mahkamah Agung. Kegiatan Sosialisasi Kesehatan tentang Gejala Awal Stroke, Jantung, Hipertensi dan Pencegahannya ini menghadirkan Narasumber dr. Mursyid Bustami, Sp.S (K), KIC, MARS,. dr. Nizar Yamanie, Sp.S (K), dr. Fawzi Arifin Daud, SP.JP. dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Jakarta. Dalam sambutannya Ketua Mahkamah Agung menyampaikan bahwa seiring usia, tubuh manusia akan mengalami degenerasi sel, atau kemampuan regenerasi sel-nya akan berkurang. Kondisi ini mengakibatkan kebugaran dan kekuatan fisik manusia secara alamiah akan menurun seiring bertambahnya usia. Lalu deretan penyakit mulai masuk dalam daftar yang kita khawatirkan: jantung, darah tinggi, kolesterol, diabetes, menjadi nama penyakit yang awam disebut terutama di kalangan orang berusia lanjut. Di era pandemi ini terlebih lagi kita harus memberi perhatian pada penyakit-penyakit lain itu. Bukan hanya karena penyakit-penyakit itu memang berbahaya, tetapi juga karena penyakit-penyakit itu dapat menjadi Comorbid atau penyakit penyerta bagi Covid-19 yang dapat meningkatkan peluang terjadinya keadaan fatal. Lebih lanjut, berdasarkan dasar pemikiran tersebut, saya menyambut baik kegiatan sosialisasi ini, sebagai salah satu upaya dan ikhtiar kita bersama dalam menjaga kesehatan kita bersama. Selain itu, dengan sosialisasi kesehatan ini, saya berharap kita semua dapat menerima informasi yang benar dan tepat secara medis dari para pakar dan praktisinya langsung. Saya pun mempersilahkan nantinya para peserta sekalian dapat bertanya langsung kepada para narasumber, tutur Prof Syarifuddin. Dalam materi yang disampaiakan oleh dr. Mursyid Bustami, Sp.S (K), Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika aliran darah terhenti ke otak, sehingga otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak akan mati. Terdapat beberapa faktor yang meningkatkan risiko stroke seperti diabetes, hipertensi, Obesitas, Stres, Merokok dan lain-lain. 20-30 % penderita Stroke meninggal dalam satu bulan dan 25% stroke terjadi usia diatas 65 Tahun. Acara ini dihadiri oleh Para Pimpinan Mahkamah Agung dan diikuti oleh Para Hakim Agung, Hakim Ad Hoc, Panitera Mahkamah Agung, Pejabat Eselon I dan II di Lingkungan Mahkamah Agung Para Pimpinan dan hakim Pengadilan Tingkat Banding di seluruh Indonesia secara virtual. (ERW/Humas)
    | Selengkapnya |
  • MELALUI PERMA NOMOR 1 TAHUN 2020, MAHKAMAH AGUNG INTENS BERUPAYA DALAM MENYUSUN PEDOMAN PEMIDANAAN
    Kamis, 29 April 2021 06:15 WIB.
    Jakarta - Humas: Mahkamah Agung Republik Indonesia bekerja sama dengan USAID CEGAH melaksanakan lokakarya tentang Penerapan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemidanaan Pasal 2 dan 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi. Lokakarya yang dilaksanakan secara virtua ini diselenggarakan pada Kamis, 29 April 2021. Ketua Mahkamah Agung, Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., menyampaikan dalam Pidato Sambutannya bahwa Mahkamah Agung berupaya dengan intens dalam menyusun pedoman pemidanaan. Salah satunya yaitu dengan dibentuknya Kelompok Kerja Pedoman Pemidanaan Tindak Pidana Korupsi, berdasarkan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 189/KMA/SK/IX/2018. Upaya yang Panjang dan dengan dukungan banyak pihak, Kelompok Kerja Pedoman Pemidanaan akhirnya dapat membidani lahirnya Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemidanaan Pasal 2 dan 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang telah berlaku secara efektif sejak tanggal diundangkannya, yaitu pada tanggal 24 Juli 2020. Mantan Ketua Kamar Pengawasan tersebut menyatakan bahwa selama rentang waktu 9 bulan ini, PERMA Nomor 1 Tahun 2020 telah diimplementasikan oleh para hakim dalam menentukan berat ringannya pidana yang dijatuhkan bagi terpidana korupsi. Tentu ada manfaat yang dirasakan akibat hadirnya PERMA pedoman pemidanaan ini, baik manfaat bagi hakim dalam bentuk kemudahan penyusunan variabel yang mempengaruhi pemidanaan, maupun manfaat bagi pengurangan disparitas itu sendiri. Kata Dr. Syarifuddin. PERMA Nomor 1 Tahun 2020 ini lahir dengan dasar pemikiran bahwa penjatuhan pidana harus dilakukan dengan memperhatikan proporsionalitas pemidanaan tanpa mengesampingkan kepastian hukum. Di samping itu, PERMA ini juga lahir sebagai upaya memberikan tolok ukur yang memudahkan bagi hakim, terutama dalam penegakan hukum, berupa menetapkan berat ringannya pemidanaan, berdasarkan pertimbangan yang lengkap atas kerugian negara, tingkat kesalahan, dampak, keuntungan dan rentang pemidanaan, serta hal-hal yang meringankan dan memberatkan. Dr. Syarifuddin menyambut baik lokakarya ini sebagai ajang bertukar pengalaman, sekaligus media refleksi evaluatif atas proses pengkajian, penyusunan, sampai kepada proses sosialisasi dan implementasi dari PERMA pedoman pemidanaan ini. Termasuk sarana refleksi baginya yang dahulu dipercaya memimpin Kelompok Kerja Pedoman Pemidanaan Tipikor ini. Hadir dalam acara ini yaitu Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Dr. H. Andi Samsan Nganro, S.H., M.H, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial Dr. H. Sunarto, S.H., M.H, para Ketua Kamar pada Mahkamah Agung, Gerard Mosquera, Ketua USAID CEGAH, dan undangan lainnya. (Humas)
    | Selengkapnya |
  • Berita Terbaru Badan Peradilan Umum

  • SELAMAT IDUL FITRI 1442 H
    Senin, 10 Mei 2021 17:00 WIB.
    Keluarga Besar Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengucapkan Selamat Selamat Idul FItri 1442 H Minal Aidin wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin
    Selengkapnya
  • SOSIALISASI PAGU INDIKATIF TAHUN ANGGARAN 2022 DAN PERUBAHAN RANCANGAN KRO-RO
    Senin, 10 Mei 2021 17:00 WIB.
    Pada hari Senin, 10 Mei 2021, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Dr. Prim Haryadi, SH, MH, memimpin pada pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum mengikuti Sosialisasi Pagu Indikatif Tahun Anggaran 2022, seiring dengan telaksananya Perubahan Rancangan Klasifikasi Rincian Output (KRO) dan Rincian Output (RO) untuk Tahun Anggaran 2022. Rapat ini secara daring (online) di Command Center Ditjen Badilum dan menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan.
    Selengkapnya
  • BIMBINGAN TEKNIS E-COURT DAN PELAKSANAAN SELEKSI TERTULIS HAKIM AD HOC TIPIKOR PT PADANG
    Kamis, 22 April 2021 17:00 WIB.
    Bertempat di Ruang Sidang Utama Lantai II Pengadilan Tinggi Padang, Bimbingan Teknis E-Court, disertai dengan Ujian Tertulis Seleksi Calon Hakim AdHoc Tipikor Tahap XV Tahun 2021 di Pengadilan Tinggi Padang, Sumatera Barat dilaksanakan dengan mematuhi Protokol Kesehata, pada hari Kamis, 22 April 2021. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI DR. H. Prim Haryadi, S.H., M.H. dengan resmi membuka Pelaksanaan Ujian Tertulis Seleksi Calon Hakim AdHoc Tipikor Tahap XV Tahun 2021. Didampingi oleh Kepala Badan Penelitian Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI DR. Zarof Ricar, S.H., S.Sos., M.Hum. Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI H. Bambang Hery Mulyono, S.H., M.H. dan Ketua Pengadilan Tinggi Padang DR. H. Amril, S.H., M.Hum. Ketua Panitia Inrawaldi, S.H., M.H. yang merupakan Ketua Panitia Daerah Ujian Tertulis Seleksi Calon Hakim AdHoc Tipikor Tahap XV Tahun 2021 di Pengadilan Tinggi Padang membacakan Tata Tertib Ujian . Bimbingan Teknis E-Court Ujian Tertulis Seleksi Calon Hakim AdHoc Tipikor Tahap XV Tahun 2021
    Selengkapnya
  • KEGIATAN DISEMINASI PENANGANAN PERKARA DI PENGADILAN
    Minggu, 11 April 2021 17:00 WIB.
    Lampiran FileDescriptionFile sizeDownloads DISEMINASI PENEGAK HUKUM DALAM PENANGANAN PERKARA DI PENGADILAN (MATARAM).pdf 651 kB498
    Selengkapnya
  • KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS PEDOMAN PENYELESAIAN PERKARA HKI
    Minggu, 11 April 2021 17:00 WIB.
    Lampiran FileDescriptionFile sizeDownloads laporan tayang web Bimbingan Teknis Pedoman Penyelesaian Perkara HKI (SEMARANG).pdf 641 kB184
    Selengkapnya

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas

Dengan motto "TANGGUH" Tanggung Jawab, Adil, Ngayomi, Gigih, Unggul, Harmonis Pengadilan Negeri Bengkayang selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan kepuasan para pencari keadilan dalam rangka mewujudkan badan peradilan yang agung.